Jumat, 24 Mei 2024

Rambut Rontok Tak Terkendali? Inilah Penyebab, Gejala & Pengobatannya

 

Rambut Rontok Tak Terkendali? Inilah Gejala, Penyebab & Pengobatannya

        Rambut rontok merupakan kondisi umum yang dialami oleh banyak orang. Setiap orang secara alami kehilangan rambut setiap hari sebagai bagian dari siklus rambut normal, di mana rambut tua rontok dan digantikan oleh rambut baru. Namun, ada kondisi rambut rontok lebih banyak dari biasanya sehingga mengalami penipisan atau kebotakan baik secara sementara maupun permanent. 
       Secara normal rambut mengalami 3 fase pertumbuhan, yaitu fase anagen, fase katagen dan fase telogen. Pada fase anagen atau fase pertumbuhan, rambut akan tumbuh dan bertahan selama 2-8 tahun. Lalu, selama 2-3 minggu rambut akan memasuki fase katagen atau fase yang disebut transisi. Dalam fase ini keadaan rambut tidak tumbuh secara aktif. Lalu, rambut akan memasuki fase telogen atau fase istirahat. Pada fase ini, rambut akan mengalami kerontokan dan akan diganti dengan rambut baru dengan durasi 2-3 bulan setelahnya.
    Jika dalam fase tersebut rambut mengalami gangguan pertumbuhan, rambut akan mengalami kerontokan bahkan bisa mengalami kebotakan. Yuk, simak ulasan berikut untuk mengetahui lebih dalam tentang permasalahan rambut rontok.


Penyebab Rambut Rontok
       Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan rambut rontok. Berikut adalah beberapa penyebab umum rambut rontok, yaitu:

1. Faktor Genetik (Androgenetic Alopecia)

Faktor genetik merupakan penyebab paling umum dari rambut rontok pada pria dan wanita.

2. Perubahan Hormon

Gangguan atau perubahan hormon dapat mempengaruhi kondisi pertumbuhan rambut. Kondisi seperti kehamilan, persalinan, menopause dan gangguan tiroid dapat menyebabkan rambut rontok sementara atau permanent.

3. Stress 

Stress dapat menyebabkan rambut mengalami kerontokan. Kondisi tersebut biasanya terjadi dalam beberapa tahun setelah peristiwa stresor dan rambut masuk ke dalam fase istirahat dan rontok secara berlebihan.

4. Kondisi medis dan pengobatan 

Pengobatan tertentu seperti kemoterapi, radioterapi dan obat-obatan dapat memicu kerontokan rambut sebagai efek samping.

5. Kekurangan nutrisi

Kekurangan vitamin dan mineral tertentu, seperti zat besi, zinc dapat menyebabkan rambut mengalami kerontokan.

6. Perawatan rambut yang tidak tepat

Mengikat rambut terlalu kencang serta penggunaan produk perawatan rambut yang keras seperti pewarnaan, pelurusan atau pemutihan rambut dapat merusak folikel rambut dan menyebabkan rambut rontok.

7. Lingkungan

Air yang mengandung klorin atau logam berat dapat merusak rambut dan menyebabkan rambut rontok.


Gejala Rambut Rontok

        Rambut rontok memiliki beberap gejala. Gejala tersebut tergantung pada penyebabnya dan dapat muncul secara tiba-tiba atau bertahap. Beberapa gejala tersebut, yaitu:

  • Penipisan rambut di puncak kepala
  • Pitak
  • Penipisan rambut yang merata di kepala
  • Rambut rontok di seluruh tubuh


Pengobatan Rambut Rontok

        Pengobatan rambut rontok tergantung pada penyebabnya. Berikut beberapa pengobatan yang bisa dilakukan, yaitu:

1. Perubahan gaya hidup

Melakukan gaya hidup sehat seperti mengurangi stres, makan dan minum yang sehat, berolahraga secara teratur dapat membantu mengurangi rambut rontok.

2. Perawatan medis

Jika penyebab rambut rontok adalah kondisi medis atau ketidakseimbangan hormon, bisa konsultasikan dahulu dengan dokter ahli untuk diagnosis dan melakukan perawatan yan tepat.

3. Perawatan rambut yang tepat

Melakukan perawatan dan menggunakan produk rambut yang tepat dapat mengurangi rambut rontok. Ada beberapa tips untuk perawatan rambut seperti, menggunakan sampo dan kondisioner yang sesuai dengan kondisi rambut, lalu tidak mengikat rambut terlalu kencang, menghindari pewarnaan dan alat panas yang berlebihan.

4. Transplantasi rambut

Transplantasi rambut dapat menjadi solusi yang tepat pada kasus rambut yang mengalami kerontokan parah atau kebotakan.


        Rambut rontok adalah masalah umum yang terjadi dan dapat disebabkan beberapa faktor. Langkah utama adalah memahami dan mengetahui penyebab utama yang membuat rambut mengalami kerontokan sehingga dapat menentukan perawatan yang tepat untuk dilakukan. Konsultasikan dengan dokter atau profesional kesehatan jika mengalami kerontokan rambut yang berlebihan secara terus menerus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar